10 Usaha Makanan Rumahan yang Bisa Cepat Balik Modal

Modifikasi makanan ringan kini sudah makin beragam. Meski banyak jenisnya, camilan tetap mempunyai banyak penggemar. Maka, wajar saja jika membuka usaha makanan rumahan punya peluang tinggi untuk menambah pemasukan Anda.

Usaha Makanan Kekinian

Agar tak ketinggalan zaman, Anda patut mempertimbangkan beberapa ide usaha makanan dan minuman kekinian yang sedang diminati pasar. Selain modalnya tergolong kecil dan bisa dikerjakan sendiri dari rumah, perputaran uangnya pun terbilang cepat, seperti beberapa panganan berikut ini.

1. Kue Balok

usaha makanan rumahan yang menjanjikan
bujangadau.net

Setahun belakangan kue balok kembali meraih kepopulerannya di tengah masyarakat. Makanan ringan yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 90-an ini mengalami modifikasi dengan isian lumer bak lava cake.

Modifikasi isian kue balok pertama kali diperkenalkan ke publik dari kawasan jajanan di daerah Garut hingga Bandung. Akan tetapi, karena peminatnya terus meningkat, resep kue balok telah diduplikasi dan dapat Anda temui nyaris di berbagai tempat di kota-kota besar.

Untuk memulai usaha makanan rumahan kue balok, Anda memerlukan keterampilan membuat kue berikut kelengkapan berupa cetakan kuenya. Jangan cemas, cara membuatnya sangat mudah. Mirip dengan cara memasak kue pukis. Perbedaannya terletak pada ada isian yang lumer saja.

2. Usaha Makanan Rumahan dengan Roti Kukus

usaha makanan rumahan yang laris
eatwithkoko.com

Kalau biasanya orang hanya menjajakan bolu kukus, kini ada roti kukus yang rasanya tak kalah nikmat. Serunya lagi, ada bermacam isian dengan rasa manis yang membuat roti kukus makin spesial. Variasi rasa yang banyak ditemui di antaranya adalah srikaya, Nutella, potongan cokelat Silver Queen, hingga Toblerone.

Membuat roti kukus juga tidak sulit. Hampir mirip dengan membuat roti seperti biasa, hanya saja pematangan dilakukan dengan dikukus bukan dipanggang. Roti pun jadi mempunyai tekstur yang lebih moist dan lembut.

Jika Anda tertarik membuka usaha roti kukus, jadilah kreatif dengan menawarkan beraneka isian yang menarik. Misalnya, menambahkan kacang badam atau membuat adonan dengan rasa red velvet agar berbeda dari para kompetitor.

3. Usaha Makanan Rumahan Membuat Seblak

usaha makanan rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga
lumajangsatu.com

Makanan bercita rasa pedas memang tidak pernah kehilangan peminat. Salah satu yang ramai digandrungi kawula muda adalah seblak. Sajian asal Jawa Barat ini memang benar-benar menggiurkan. Mulanya, isian seblak hanya kerupuk yang telah direndam dengan tambahan bakso dan telur orak-arik.

Kini, isian seblak sangat bervariasi. Bahkan, ada yang memodifikasi isiannya dengan tambahan mi hingga spageti selain kerupuk. Tambahan isian juga makin beragam, seperti sosis, irisan ikan tuna, sampai ceker pedas, turut disajikan sesuai pilihan menu pembeli.

Seblak sangat cocok untuk menjadi usaha makanan rumahan untuk Anda yang hobi memasak. Karena pembuatannya pun tak memakan waktu lama, Anda bisa membuat seblak sesuai pesanan tanpa mesti menyetok terlebih dahulu.

4. Bakso Aci

aneka usaha makanan rumahan
pergikuliner.com

Selain seblak, ada pula bakso aci yang juga berasal dari Jawa Barat. Bakso aci sejatinya pilihan makanan sampingan yang cukup mengenyangkan, tetapi punya harga yang jauh lebih terjangkau ketimbang bakso sapi lantaran tak menggunakan daging dan tetelan dalam adonannya.

Akan tetapi, bakso aci tetap dibuat dengan kuah kaldu sapi yang hangat. Seporsi bakso aci juga dilengkapi dengan mi, sangat mirip seperti bakso biasa.

Berbeda dengan seblak, Anda dapat membuat bakso aci dalam kemasan siap saji untuk pembeli yang ingin memiliki stok makanan ringan di rumah. Jadi, Anda dapat menjual bumbu, mi, dan bakso aci di dalam kemasan plastik kedap udara.

5. Usaha Makanan Rumahan Membuat Sotang

bisnis usaha makanan rumahan
shopee.co.id

Sotang atau sosis kentang menjadi terkenal lantaran tayangan drama Korea yang menunjukkan lezatnya mengonsumsi sosis yang dibalut potongan kentang dan digoreng dengan deep fryer. Saking terkenalnya, bisnis sotang menjamur di berbagai wilayah.

Makanan ini memang termasuk mengenyangkan. Apalagi kalau di wilayah Anda banyak pelajar dan anak-anak muda, berjualan sotang jelas akan menjadi pilihan yang sangat menarik.

Membuat sotang pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan potongan kentang, terigu sebagai perekat kentang, dan sosis. Sebelum menggoreng sotang, pastikan Anda sudah memasak sosis terlebih dahulu sehingga ketika digoreng, kentang tidak kematangan.

Usaha Minuman Modern

Selain makanan, minuman segar juga punya pangsa pasar yang luas. Terlebih minuman-minuman modern yang sedang tren di kalangan generasi muda. Bila usaha minuman yang Anda taksir, mungkin salah satu dari ide usaha di bawah ini bisa dicoba.

1. Minuman Boba

bikin usaha makanan rumahan

Boba atau bola-bola kenyal yang terbuat dari tepung tapioka belakangan ini mencuri perhatian publik. Masifnya promosi minuman teh susu dengan isian boba, membuat orang berbondong-bondong membelinya.

Inilah kesempatan yang dapat Anda ambil. Anda dapat membuat minuman teh susu boba di rumah dengan variasi rasa yang beragam. Tidak hanya minuman teh hitam dengan susu, Anda bisa pula berkreasi dengan menambahkan kopi susu atau teh hijau.

2. Kopi Kemasan

usaha makanan rumahan yg menjanjikan
zipify.com

Peminum kopi di Indonesia terus meningkat tajam. Bahkan, menurut data yang dilansir Tempo.co, peningkatan peminum kopi mencapai angka 174% di tahun 2016. Angka ini pun diduga makin tinggi, melihat tren perkembangan bisnis kopi pun kian menjamur.

Namun, keterbatasan waktu untuk menyesap kopi di kafe atau kedai membuat kebanyakan orang beralih pada minuman kopi kemasan botol. Rasa yang relatif sama dan lebih praktis, membuat banyak peminat kopi di dalam botol.

Varian rasa yang kerap ditemui pun sangat beragam. Mulai dari kopi susu, americano, cappuccino, hingga rasa lokal seperti kopi Gayo. Harga yang lebih terjangkau juga membuat penikmat kopi lebih memilih kopi kemasan semacam ini.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan satu atau dua varian rasa untuk kemudian menambahnya setelah melakukan uji rasa ke pasar.

3. Minuman Jelly

usaha rumahan makanan anak
bukalapak.com

Masih minuman kemasan, minuman susu dengan tambahan jelly atau agar-agar punya peminat yang tak kalah banyak dibandingkan dengan puding sedot. Keunggulan produk ini terletak pada minuman yang dapat menghapus dahaga ditambah butiran jelly yang lumayan mengganjal lapar. Berbeda dengan puding sedot yang relatif lebih padat dan bisa memancing rasa haus.

Anda pun tak mesti repot-repot meracik berbagai rasa minuman. Soalnya, ada banyak bubuk minuman siap saji yang tinggal Anda kreasikan dengan jelly. Mengenai kemasan, Anda dapat memilih bentuk pouch atau botol plastik food grade.

4. Susu Almon

usaha makanan rumahan contoh

Gaya hidup sehat yang makin marak membuat orang menaruh minat pada susu organik nabati. Salah satu yang memiliki permintaan pasar tinggi adalah susu almon. Tak jauh berbeda dengan cara membuat susu kedelai, almon juga dihaluskan dan diperas sarinya untuk dijadikan minuman.

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam membuat susu almon adalah higienitas dan kacang badam yang berkualitas. Demikian pula dengan pemilihan kemasan yang akan berpengaruh untuk membangun kepercayaan pembeli dengan kualitas susu yang Anda tawarkan.

5. Patbingsu

cara membuat usaha makanan rumahan

Es serut isi kacang merah dengan bermacam topping dari Korea Selatan ini juga ngetop berkat berbagai serial drama. Hasilnya, hampir semua orang mencari sajian yang dikenal dengan nama patbingsu ini.

Tampilan patbingsu sebenarnya tak jauh berbeda dengan es teler maupun es campur. Selain es serut, susu, dan kacang merah, patbingsu juga berisi potongan kue beras sehingga membuat seporsi minuman ini cukup mengenyangkan.

Agar patbingsu yang Anda tawarkan makin menarik pembeli, tambahkan varian topping berupa irisan buah atau agar-agar, ya!

Usaha makanan rumahan memang relatif lebih minim risiko. Selain tak perlu membuka kios, Anda pun dapat memanfaatkan jasa platform ojek daring untuk memasarkan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *